Kamis, 19 Februari 2015

UNTUK SUKSES TIDAK CUKUP PAKAI OTAK, TAPI JUGA PERLU PAKAI 'OTOT'..



Di sekolah & Universitas, kebanyakan guru dan dosen hanya melatih kita keterampilan otak (Brain Memory) tapi jarang melatih keterampilan otot kita (Muscle Memory). Maksudnya ,semua pengetahuan yang kita dapatkan di sekolah hanya berhasil sampai tataran ‘pengetahuan’ . Bukan berakhir pada sebuah tindakan si otot2 tubuh untuk ACTION menghasilkan sebuah karya nyata sebagai sebuah IMPACT(dampak) dari proses belajar kita.

Akhirnya, nggak ada outcome yang jelas dari proses belajar kita bertahun2. Pengetahuan sekolah tidak membuat kita mampu menghasilkan sebuah karya yang nyata dan terlihat manfaatnya kecuali hanya selembar ijazah dan nilai.

Di tingkat mahasiswa juga nggak jauh beda. Hasil dari proses belajar mentok dalam sebuah dokumentasi skripsi yang cuma dipajang di perpustakaan kampus. Lagi2 Brain Memory, bukan Muscle Memory. Nggak pernah ada aplikasikan di kehidupan nyata dalam bentuk produk, jasa atau solusi terhadap masalah yang langsung teruji manfaatnya dikehidupan nyata.

Walhasil, banyak sekali mahasiswa bingung mau apa setelah lulus kuliah. Mereka ini orang2 pintar yang bisa berkomentar dan mengkritisi berbagai hal, tapi tidak pernah bisa menghasilkan karya apapun. Dan dalam jumlah kumpulan besar, jadilah KITA ini, sebuah bangsa konsumtif yang hampir tidak pernah menciptakan apapun.

Inilah hasil sekolah yang hanya melatih Brain Memory saja. Sementara Muscle Memory kita tidak pernah disekolahin. Padahal dalam setiap serat2 otot kita itu ada DNA2 yg myelinnya juga harus di sekolahin & dilatih. Dimana sebuah proses belajar harus memliki DAMPAK (Impact) pada otot2 tubuh kita untuk bertindak dan menghasilkan sesuatu.

Orang2 yg Muscle Memorynya cerdas, akan punya kebiasaan bertindak . Setiap pengetahuan yang didapat menggerakan otot2 tubuhnya untuk selalu meng’create something yang punya value di kehidupan nyata. Otot2 tubuhnya selalu ‘gatel’ untuk mengambil sebuah ACTION

Untung akhir2 ini ada juga siswa2 sekolah yang mulai melatih muscle memorynya. Mereka membuat inovasi2 nyata sebagai dampak dari hasil belajarnya. Ada yang bikin Carbon-Oxygen Separator (Alat konversi asap rokok jadi O2), Edge Shoes (Sepatu utk orang buta), Water Coated Helmet (Helm dengan pendingin udara) dsb.

Tidak seperti kita dulu, mereka inilah anak2 yang tidak hanya cerdas otaknya tapi juga cerdas ototnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar